RPP SOSIOLOGI edisi TERBARU 1 Lembar (konflik, kekerasan, dan perdamaian)
Assalamulaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan membagikan format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi kelas XI. Format di bawah ini merupakan format RPP terbaru (versi Bapak Nadiem Makariem yang hanya 1 lembar).
Meskipun hanya 1 lembar saja tetapi esensi dalam pembuatan RPP tidak berkurang sedikitpun, yang ditulis hanya pokok-pokok dari RPP saja. Untuk point A langsung ke tujuan pembelajaran, tidak dicantumkan KD dan KI. Kemudian point B yang dicantumkan hanya media, alat, dan sumber belajar, sedangkan untuk metode dan pendekatan disampaikan secara implisit. Contoh yang ada di bawah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintific learning.
Lalu lampiran penilaian bagaimana?? tetap dicantumkan dan sesuai dengan penilaian yang digunakan oleh personal dengan ketentuan menilai 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Semoga bermanfaat :) Wassalamualaikum Wr. Wb
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMAIT Ar Raihan
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester
: XI/Ganjil
Materi
Pokok : Konflik, kekerasan, dan Perdamaian
Alokasi
Waktu : 1x45
Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik peka terhadap konflik yang terjadi di
dalam masyarakat dan dapat memberikan respon untuk melakukan resolusi
konflik dengan menganalisis data hasil pengamatan melalui kolaboratif, berpikir
kritis dan pemecahan masalah, serta dapat menerapkan dalam kehidupan
sehari-hari dengan tanggung jawab.
B.
Media/alat, Bahan
dan Sumber Belajar
|
Media
|
:
|
Power Point Materi mengenai konflik, kekerasan, dan
perdamaian; Video; Video conference
|
|
Alat
|
:
|
Laptop, speaker
|
|
Sumber Belajar
|
:
|
Buku Sosiologi kelas XI SMA
|
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
|
|
· Guru
mengawali pembelajaran daring dengan salam pembuka.
· Guru
memastikan semua peserta didik bergabung dalam conference
· Guru
melakukan apersepsi dengan menyampaikan beberapa masalah sosial
· Guru
menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
|
|
|
Kegiatan Inti ( 25 Menit )
|
|
|
Orientasi isu
|
· Guru membahas tujuan pembelajaran
· Memotivasi siswa untuk terlibat dalam kegiatan mengatasi
masalah
|
|
Mengorganisasi Peserta Didik
|
· Guru membantu siswa menentukan dan mengatur tugas-tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah yang diberikan.
· Guru
menampilkan/ mengirimkan video/ link video
·
Peserta didik mengamati video dengan baik
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
·
Peserta didik melakukan pengolahan
masalah dengan mencari informasi ke berbagai sumber (misalnya, buku maupun internet)
|
|
Menyajikan Data
|
·
Peserta didik menyampaikan informasi
dari isu yang disajikan dan informasi tambahan yang telah didapatkan.
|
|
Menyajikan solusi
atas isu
|
·
Guru dan peserta bersama-sama
menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan berkaitan dengan isu yang
disajikan
|
|
Evaluasi dan
refleksi
|
·
Guru menyampaikan pesan moral yang dapat
dipelajari dari pembelajaran yang sudah dilakukan
·
Guru mengirimkan link untuk quiz
pembelajaran
|
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|
|
· Guru mengagendakan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya.
· Guru menyampaikan tugas individu mengenai
konflik, kekerasan, dan perdamaian yang terjadi lingkungan sekitar, yaitu
dengan mencari berita di koran/ berita cetak tentang resolusi konflik.
· Guru menutup pembelajaran dengan salam penutup.
|
|
D.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
-
Penilaian Kognitif berupa penilaian dari hasil quiz
-
Penilaian Keterampilan berupa penilaian sikap peserta didik didalam
kegiatan pembelajaran.
-
Penilian Pengetahuan dari tugas yang dikumpulkan
|
|
Yogyakarta, 19 Juni 2020
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Kwartarina Galuh Novitasari,
S. Si., M.Sc
|
Guru Mata Pelajaran
Retno
Amar Mandandari, S.Pd
|
|
Komentar
Posting Komentar