cara meningkatkan kreativitas guru

Meningkatkan Kreativitas Guru
Tugas ini disusun guna memenuhi tugas Pengganti UTS
Mata kuliah Psikologi Pendidikan  
Dosen pengampu Binta Mu’tiya Rizki S.Psi., M.A.

Disusun oleh:
Retno Amar Mandandari
3401415047
Pendidikan Sosiologi dan Antropologi


UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016

Daftar isi

Halaman judul             .................................................................................       i
Daftar isi                     .................................................................................      ii
Ringkasan                   .................................................................................      1
Pendahuluan               .................................................................................      2
Gagasan                      .................................................................................      3   
Kesimpulan                 .................................................................................      8
Daftar Pustaka                        .................................................................................      9










ii
Ringkasan

Melihat pendidikan yang ada di Indonesia saat ini dengan metode pembelajaran yang terlalu teoritis sehingga membuat siswa tidak mampu mengembangkan kreativitasnya ini perlu adanya suatu perubahan. Perubahan yang dikhususkan kepada tenaga pendidik agar dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk berpikir kreatif.
Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk kreatif berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (PP No 19 ayat (1) tahun 2005. Mempertimbangkan standar proses pembelajaran seperti yang tertuang dalam peraturan pemerintah tersebut maka guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut untuk lebih kreatif, mampu menciptakan pembelajaran yang menggairahkan, berkualitas, dan menyenangkan.








1
Pendahuluan

            Menjadi bangsa yang maju dan sejahtera merupakan salah satu tujuan didirikan Negara ini yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa. Keinginan bangsa ini untuk dapat maju dan berkembang menjadi suatu bangsa yang disegani dan memiliki peranan besar di mata dunia tentunya dapat dicapai dengan peningkatan kualitas manusia Indonesia, yakni dengan adanya kemajuan dalam dunia pendidikan.
Namun disayangkan system dan program pendidikan yang diberlakukan di Indonesia sampai saat ini sudah banyak mengalami perubahan. Pada kenyataannya perubahan itu tidak melulu menjadikan pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang tetapi malah sebaliknya. Penyebab dari banyaknya perubahan tersebut karena dari pemerintah sendiri. Sehingga kita sering mendengar istilah ganti menteri ganti peraturan. Hal tersebut tentu saja berdampak di dalam dunia pendidikan.
Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berawal dari membenahi system dan program pendidikan di Indonesia yang harus dikonsep secara matang,disesuaikan dengan kondisi yang ada. Selain itu diperlukan langkah-langkah lanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia seperti menyediakan pendidik-pendidik yang berkompetensi dalam bidangnya dan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar.




2
Gagasan

Kondisi kekinian Pendidikan Indonesia
Dilihat pada kenyataan yang terjadi saat ini, pendidikan di Indonesia sangatlah miris. Pendidikan memang menjadi faktor utama dan penentu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar tidak terus-terusan kalah bersaing dengan sumber daya manusia dari negara lain. Oleh karena itu, sebenarnya kita dapat meningkatkan sumber daya manusia indonesia dengan memperbaiki buruknya pendidikan yang ada di Indonesia. Dunia pendidikan di Indonesia masih mempunyai sekian banyak rintangan yang berkenaan tentang kualitas pendidikan diantaranya yaitu keterbatasan akses pendidikan, jumlah guru yang belum merata, juga kualitas guru itu sendiri dinilai masih kurang. Terbatasnya akses pendidikan di Indonesia, apalagi lagi di daerah berujung pada meningkatnya arus urbanisasi buat mendapati akses ilmu yg lebih baik di perkotaan.
Selain itu jumlah guru dengan kualifikasi yang sesuai masih belum merata. Menurut Direktur Jenderal Pendidikan basic (Dikdas) Indonesia Kemendikbud Hamid Muhammad diwaktu itu sekolah dasar masih kekurangan tenaga guru. Diperkirakan jumlah guru 112 ribu guru. Namun pemerintah tidak diam saja, sudah dilakukan berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya memberikan beasiswa kepada guru S1 SD dan SMP untuk meningkatkan kualitas guru.
Banyaknya anak-anak yang putus sekolah juga menjadi penyebab permasalah pendidikan di Indonesia saat ini. Hal tersebut karena banyak masalah-masalah yang timbul dari berbagai aspek seperti ekonomi yang memaksakan anak untuk bekerja sejak dini. Lalu akibat dari pergaulan bebas yang menyebabkan tingginya angka pernikahan dini.

3
Dalam laporan paling baru Acara Pembangunan PBB tahun 2013, Indonesia menempati posisi 121 dari 185 negeri dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan angka 0,629. Indonesia juga tertinggal dua dari Negara tetangga yaitu Malaysia (peringkat 64) dan Singapura (18), sedangkan IPM di kawasan Asia Pasifik yaitu 0,683.
Memajukan mutu  pendidikan Indonesia juga dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas tenaga pendidiknya. Guru memegang peran penting di dalam dunia pendidikan. Bahkan bisa juga dikatakan bahwa berhasil atau tidaknya suatu pendidikan di negara bisa ditentukan oleh kualitas para guru yang tersedia di negara itu. Oleh karena itu kesuksesan pendidikan di suatu Negara dipengaruhi oleh keberhasilan seorang guru. Namun tidak semua guru menyadari bahwa perannya sebagai guru menjadi factor penting dalam dunia pendidikan. Kebanyakan seorang guru datang ke kelas kemudian mengajar setelah bel tanda pelajaran selesai guru pun pergi. Seorang guru tidak menyadari bahwa tugasnya tidak hanya menyampaikan materi pelajaran tetapi membimbing dan mengarahkan siswa untuk mengembangkan bakat minat yang dimiliki oleh siswa tersebut. Oleh karena itu di Indonesia dibutuhkan tenaga pendidik yang kreatif agar dapat memacu kreativitas siswanya. Hal tersebut menjadi alasan utama saya mengusulkan untuk diadakannya suatu pelatihan khusus untuk guru SD, SMP, SMA sederajat agar guru memiliki cara-cara kreatif untuk mengajarkan materi pelajaran secara efektif serta untuk mamacu siswa agar berfikir lebih kreatif.

Solusi yang ditawarkan dalam upaya meningkatkan kreativitas guru di Indonesia
Solusi yang dapat ditawarkan untuk meningkatkan kreativitas guru adalah dengan adanya suatu pelatihan-pelatihan bagi guru S1 baik guru SD, SMP, maupun SMA sederajat. Pelatihan tersebut harus merata untuk tenaga pendidik yang ada di seluruh Indonesia.
4
Seberapa jauh peningkatan kualitas guru dapat diperbaiki melalui pelatihan untuk meningkatkan kreativitas guru
Dalam pembelajaran, kreativitas seorang guru dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan yang dimiliknya mengembangkan bakat yang ada pada diri siswa serta dapat mempertahankan kompetensi yang ada pada dirinya. Bentuk kreativitas seorang guru membantu siswa dalam menentukan arah dan tujuan pembelajaran. Kreativitas guru akan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru tersebut. Selain untuk memudahkan pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan, kreativitas seorang guru dapat mengembangkan minat siswa dalam aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa. Secara umum kreatifitas guru memiliki fungsi utama yaitu membantu menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan efisien serta mengembangkan kreativitas siswa.
Untuk itu pelatihan untuk tenaga pendidik yang ditujukan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar dirasa dibutuhkan. Jika diperhatikan peserta didik saat ini membutuhkan sesuatu yang menarik pada saat belajar di sekolah. Pelatihan tersebut dilakukan dengan cara melatih para guru untuk mengerjakan berbagai soal seperti contoh guru matematika diberi soal kemudian dipecahkan dengan cara yang berbeda dengan rumus pada umumnya. Dalam pelatihan tersebut dibutuhkan seorang pembimbing yang sudah profesional untuk memberikan cara-cara cepat dalam memecahkan soal yang nantinya digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Cara pembelajaran yang terlalu teoritis dengan menggunakan rumus-rumus yang terlalu rumit dinilai sangat membosankan bahkan membingungkan, siswa perlu sesuatu yang membuat tertarik dan menginginkan sesuatu yang mudah untuk dikerjakan dengan waktu yang singkat. Jika seorang guru dalam mengajar menggunakan metode yang biasa-biasa saja maka kemampuan siswa yang berkembang hanya dari aspek kognitifnya saja.

5
Padahal jaman sekarang jika seseorang hanya berpedoman pada kemampuan kognitifnya saja sangat kurang untuk menghadapi dunia yang semakin ketat persaingannya. Diperlukan kreativitas dalam diri yang dapat dilatih sejak dini. Di sinilah peran seorang guru diperlukan untuk mengembangkan kreativitas anak tersebut.

Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat  membantu mengimplementasikan ide pelatihan dalam meningkatkan kreativitas guru
Dengan adanya pelatihan untuk meningkatkan kreativitas guru tersebut peran pemerintah juga sangat penting untuk mendukung keberhasilan pelatihan tersebut. Sebelum dilaksanakan pelatihan tentunya diperlukan publikasi yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Publikasi tersebut melibatkan dinas pendidikan setempat dengan mengirimkan surat undangan kepada setiap guru SD, SMP, dan SMA sederajat. Selain itu juga perlu adanya kerjasama dengan seluruh guru di Indonesia. Karena guru menjadi sasaran utama sehingga diperlukan kesadaran diri oleh setiap guru.

Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan sehingga tujuan atau perbaikan dapat tercapai
a.       Dukungan oleh pemerintah
Dukungan pemerintah sangatlah besar pengaruhnya terhadap terwujudnya pelatihan untuk meningkatkan kreativitas guru. Setidaknya pemerintah memberikan bantuan demi tercapainya gagasan tersebut.
b.      Dilakukan secara kontinu
Dalam pelatihan kreativitas guru harus dilakukan secara terus menerus (kontinu) agar hasil yang akan diperoleh dapat maksimal,

6
semua guru harus benar-benar mampu meningkatkan daya kreatifnya dalam mengajar
untuk ditularkan kepada siswa-siswanya. Rencana dari gagasan ini pelatihan kreativitas guru dilaksanakan setiap bulan selama enam bulan.


















7
Kesimpulan

Meningkatkan kreativitas guru untuk menyampaikan materi kepada siswa bertujuan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan. Umumnya para guru memberikan materi yang terlalu teoritis yang rumit sehingga siswa malah menjadi bingung dan tidak memahaminya. Melalui gagasan ini saya berharap agar guru mempunyai kreativitas dalam menyampaikan materi sehingga dapat menggugah daya kreatif siswa dalam memecahkan suatu persoalan. Pelatihan yang akan dilakukan setiap bulan selama enam bulan, seorang guru akan dilatih dengan cara mengerjakan soal kemudian dipecahkan dengan cara yang berbeda dengan rumus pada umumnya. Dalam pelatihan tersebut dibimbing oleh seorang yang sudah ahli agar pelatihan tersebut benar-benar dapat menghasilkan perubahan yang lebih baik.











8
Daftar Pustaka

















9

Komentar

Postingan populer dari blog ini

surat reservasi hotel

surat pesanan berdasarkan iklan

Heterogenitas Masyarakat Indonesia