cara meningkatkan kreativitas guru
Meningkatkan Kreativitas Guru
Tugas ini disusun guna memenuhi
tugas Pengganti UTS
Mata kuliah Psikologi Pendidikan
Dosen pengampu Binta Mu’tiya Rizki S.Psi., M.A.
Disusun oleh:
Retno Amar Mandandari
3401415047
Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016
Daftar isi
Halaman
judul ................................................................................. i
Daftar
isi ................................................................................. ii
Ringkasan ................................................................................. 1
Pendahuluan ................................................................................. 2
Gagasan ................................................................................. 3
Kesimpulan ................................................................................. 8
Daftar
Pustaka ................................................................................. 9
ii
Ringkasan
Melihat pendidikan
yang ada di Indonesia saat ini dengan metode pembelajaran yang terlalu teoritis
sehingga membuat siswa tidak mampu mengembangkan kreativitasnya ini perlu
adanya suatu perubahan. Perubahan yang dikhususkan kepada tenaga pendidik agar
dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk berpikir kreatif.
Proses pembelajaran
pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk kreatif
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik (PP No 19 ayat (1) tahun 2005. Mempertimbangkan
standar proses pembelajaran seperti yang tertuang dalam peraturan pemerintah
tersebut maka guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut untuk lebih
kreatif, mampu menciptakan pembelajaran yang menggairahkan, berkualitas, dan
menyenangkan.
1
Pendahuluan
Menjadi bangsa yang maju dan
sejahtera merupakan salah satu tujuan didirikan Negara ini yaitu mencerdaskan
kehidupan berbangsa. Keinginan bangsa ini untuk dapat maju dan berkembang
menjadi suatu bangsa yang disegani dan memiliki peranan besar di mata dunia
tentunya dapat dicapai dengan peningkatan kualitas manusia Indonesia, yakni
dengan adanya kemajuan dalam dunia pendidikan.
Namun
disayangkan system dan program pendidikan yang diberlakukan di Indonesia sampai
saat ini sudah banyak mengalami perubahan. Pada kenyataannya perubahan itu tidak
melulu menjadikan pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang tetapi
malah sebaliknya. Penyebab dari banyaknya perubahan tersebut karena dari
pemerintah sendiri. Sehingga kita sering mendengar istilah ganti menteri ganti
peraturan. Hal tersebut tentu saja berdampak di dalam dunia pendidikan.
Dalam
upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sebenarnya dapat
dilakukan dengan berbagai cara. Berawal dari membenahi system dan program
pendidikan di Indonesia yang harus dikonsep secara matang,disesuaikan dengan
kondisi yang ada. Selain itu diperlukan langkah-langkah lanjutan untuk
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia seperti menyediakan pendidik-pendidik
yang berkompetensi dalam bidangnya dan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung
proses belajar mengajar.
2
Gagasan
Kondisi kekinian Pendidikan
Indonesia
Dilihat
pada kenyataan yang terjadi saat ini, pendidikan di Indonesia sangatlah miris. Pendidikan
memang menjadi faktor utama dan penentu dalam meningkatkan kualitas sumber daya
manusia agar tidak terus-terusan kalah bersaing dengan sumber daya manusia dari
negara lain. Oleh karena itu, sebenarnya kita dapat meningkatkan sumber daya
manusia indonesia dengan memperbaiki buruknya pendidikan yang ada di Indonesia.
Dunia pendidikan di Indonesia masih mempunyai sekian banyak rintangan yang berkenaan
tentang kualitas pendidikan diantaranya yaitu keterbatasan akses pendidikan,
jumlah guru yang belum merata, juga kualitas guru itu sendiri dinilai masih
kurang. Terbatasnya akses pendidikan di Indonesia, apalagi lagi di daerah
berujung pada meningkatnya arus urbanisasi buat mendapati akses ilmu yg lebih
baik di perkotaan.
Selain
itu jumlah guru dengan kualifikasi yang sesuai masih belum merata. Menurut
Direktur Jenderal Pendidikan basic (Dikdas) Indonesia Kemendikbud Hamid
Muhammad diwaktu itu sekolah dasar masih kekurangan tenaga guru. Diperkirakan
jumlah guru 112 ribu guru. Namun pemerintah tidak diam saja, sudah dilakukan
berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya memberikan beasiswa
kepada guru S1 SD dan SMP untuk meningkatkan kualitas guru.
Banyaknya
anak-anak yang putus sekolah juga menjadi penyebab permasalah pendidikan di
Indonesia saat ini. Hal tersebut karena banyak masalah-masalah yang timbul dari
berbagai aspek seperti ekonomi yang memaksakan anak untuk bekerja sejak dini.
Lalu akibat dari pergaulan bebas yang menyebabkan tingginya angka pernikahan
dini.
3
Dalam
laporan paling baru Acara Pembangunan PBB tahun 2013, Indonesia menempati
posisi 121 dari 185 negeri dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan angka
0,629. Indonesia juga tertinggal dua dari Negara tetangga yaitu Malaysia
(peringkat 64) dan Singapura (18), sedangkan IPM di kawasan Asia Pasifik yaitu
0,683.
Memajukan
mutu pendidikan Indonesia juga dapat
dilakukan dengan meningkatkan kualitas tenaga pendidiknya. Guru memegang peran
penting di dalam dunia pendidikan. Bahkan bisa juga dikatakan bahwa berhasil
atau tidaknya suatu pendidikan di negara bisa ditentukan oleh kualitas para
guru yang tersedia di negara itu. Oleh karena itu kesuksesan pendidikan di
suatu Negara dipengaruhi oleh keberhasilan seorang guru. Namun tidak semua guru
menyadari bahwa perannya sebagai guru menjadi factor penting dalam dunia
pendidikan. Kebanyakan seorang
guru datang ke kelas kemudian mengajar setelah bel tanda pelajaran selesai guru
pun pergi. Seorang guru tidak menyadari bahwa tugasnya tidak hanya menyampaikan
materi pelajaran tetapi membimbing dan mengarahkan siswa untuk mengembangkan
bakat minat yang dimiliki oleh siswa tersebut. Oleh karena itu di Indonesia
dibutuhkan tenaga pendidik yang kreatif agar dapat memacu kreativitas siswanya.
Hal tersebut menjadi alasan utama saya mengusulkan untuk diadakannya suatu
pelatihan khusus untuk guru SD, SMP, SMA sederajat agar guru memiliki cara-cara
kreatif untuk mengajarkan materi pelajaran secara efektif serta untuk mamacu
siswa agar berfikir lebih kreatif.
Solusi
yang ditawarkan dalam upaya meningkatkan kreativitas guru di Indonesia
Solusi
yang dapat ditawarkan untuk meningkatkan kreativitas guru adalah dengan adanya
suatu pelatihan-pelatihan bagi guru S1 baik guru SD, SMP, maupun SMA sederajat.
Pelatihan tersebut harus merata untuk tenaga pendidik yang ada di seluruh
Indonesia.
4
Seberapa jauh peningkatan kualitas guru
dapat diperbaiki melalui pelatihan untuk meningkatkan kreativitas guru
Dalam pembelajaran, kreativitas seorang guru
dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan yang dimiliknya mengembangkan
bakat yang ada pada diri siswa serta dapat mempertahankan kompetensi yang ada
pada dirinya. Bentuk kreativitas seorang guru membantu siswa dalam menentukan
arah dan tujuan pembelajaran. Kreativitas guru akan memudahkan siswa dalam
memahami materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru tersebut. Selain
untuk memudahkan pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan, kreativitas
seorang guru dapat mengembangkan minat siswa dalam aspek kognitif,
psikomotorik, dan afektif siswa. Secara umum kreatifitas
guru memiliki fungsi utama yaitu membantu menyelesaikan pekerjaannya dengan
cepat dan efisien serta mengembangkan kreativitas siswa.
Untuk
itu pelatihan untuk tenaga pendidik yang ditujukan untuk meningkatkan
kreativitas guru dalam mengajar dirasa dibutuhkan. Jika diperhatikan peserta
didik saat ini membutuhkan sesuatu yang menarik pada saat belajar di sekolah.
Pelatihan tersebut dilakukan dengan cara melatih para guru untuk mengerjakan
berbagai soal seperti contoh guru matematika diberi soal kemudian dipecahkan
dengan cara yang berbeda dengan rumus pada umumnya. Dalam pelatihan tersebut
dibutuhkan seorang pembimbing yang sudah profesional untuk memberikan cara-cara
cepat dalam memecahkan soal yang nantinya digunakan dalam pembelajaran di
kelas.
Cara
pembelajaran yang terlalu teoritis dengan menggunakan rumus-rumus yang terlalu
rumit dinilai sangat membosankan bahkan membingungkan, siswa perlu sesuatu yang
membuat tertarik dan menginginkan sesuatu yang mudah untuk dikerjakan dengan
waktu yang singkat. Jika seorang guru dalam mengajar menggunakan metode yang
biasa-biasa saja maka kemampuan siswa yang berkembang hanya dari aspek
kognitifnya saja.
5
Padahal
jaman sekarang jika seseorang hanya berpedoman pada kemampuan kognitifnya saja
sangat kurang untuk menghadapi dunia yang semakin ketat persaingannya. Diperlukan
kreativitas dalam diri yang dapat dilatih sejak dini. Di sinilah peran seorang
guru diperlukan untuk mengembangkan kreativitas anak tersebut.
Pihak-pihak yang dipertimbangkan
dapat membantu mengimplementasikan ide
pelatihan dalam meningkatkan kreativitas guru
Dengan
adanya pelatihan untuk meningkatkan kreativitas guru tersebut peran pemerintah
juga sangat penting untuk mendukung keberhasilan pelatihan tersebut. Sebelum
dilaksanakan pelatihan tentunya diperlukan publikasi yang sudah dipersiapkan
jauh-jauh hari sebelumnya. Publikasi tersebut melibatkan dinas pendidikan
setempat dengan mengirimkan surat undangan kepada setiap guru SD, SMP, dan SMA
sederajat. Selain itu juga perlu adanya kerjasama dengan seluruh guru di
Indonesia. Karena guru menjadi sasaran utama sehingga diperlukan kesadaran diri
oleh setiap guru.
Langkah-langkah strategis yang
harus dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan sehingga tujuan atau
perbaikan dapat tercapai
a. Dukungan
oleh pemerintah
Dukungan
pemerintah sangatlah besar pengaruhnya terhadap terwujudnya pelatihan untuk
meningkatkan kreativitas guru. Setidaknya pemerintah memberikan bantuan demi
tercapainya gagasan tersebut.
b. Dilakukan
secara kontinu
Dalam
pelatihan kreativitas guru harus dilakukan secara terus menerus (kontinu) agar
hasil yang akan diperoleh dapat maksimal,
6
semua
guru harus benar-benar mampu meningkatkan daya kreatifnya dalam mengajar
untuk
ditularkan kepada siswa-siswanya. Rencana dari gagasan ini pelatihan kreativitas
guru dilaksanakan setiap bulan selama enam bulan.
7
Kesimpulan
Meningkatkan
kreativitas guru untuk menyampaikan materi kepada siswa bertujuan untuk
mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan. Umumnya para guru
memberikan materi yang terlalu teoritis yang rumit sehingga siswa malah menjadi
bingung dan tidak memahaminya. Melalui gagasan ini saya berharap agar guru
mempunyai kreativitas dalam menyampaikan materi sehingga dapat menggugah daya
kreatif siswa dalam memecahkan suatu persoalan. Pelatihan yang akan dilakukan
setiap bulan selama enam bulan, seorang guru akan dilatih dengan cara
mengerjakan soal kemudian dipecahkan dengan cara yang berbeda dengan rumus pada
umumnya. Dalam pelatihan tersebut dibimbing oleh seorang yang sudah ahli agar
pelatihan tersebut benar-benar dapat menghasilkan perubahan yang lebih baik.
8
Daftar Pustaka
9
Komentar
Posting Komentar